Kamis, 04 Desember 2014

TKD STAN 2014 #3 Alhamdulillah

Semakin dekat dengan TKD, semakin galau. Belajar mulai gak konsen dan puncaknya adalah ketika aku sama temen-temen dateng ke kampus tepatnya Gedung L buat tinjau lokasi tes nantinya. Kami ke sana sore, setelah sesi 3 berakhir. Jadi gini, tempat tes kalo gak salah ada 6 ruang. Tes dilaksanakan tanggal 1-3 Desember 2014 dan dibagi menjadi 5 sesi per harinya (kalo gak salah lagi lho ya). Kami ke sana dan dibikin syok sama pengumuman yang ditempel di papan sampin gedung. Itu isinya pengumuman kelulusan! Oh my... Itu di sana ada sesi 1-3. Yang bikin syok adalah ternyata yang belum lulus tuh banyak.

Aku sadar banget sama kemampuan dan usaha yang udah aku lakuin. Ya, semuanya belum maksimal. Sementara itu, waktu terus mendekat. Rasanya cuma satu: takut.

Setelah liat sekilas pengumuman itu, kami langsung pulang dengan lemes. Semuanya langsung buka materi--entah di buku, hp, maupun laptop. Gak ada yang gak sibuk, gak ada yang gak takut. Ini penentuan mau di bawa ke mana hidup kita nantinya. Akan sampai ke sesuatu yang selama ini kita cita-citakan, atau cuma sampai di batas 'yak kamu sekadar lulus kuliah, dan belum bisa ke tahap selanjutnya'

Hari itu saking gak tenangnya, aku sampe hubungin beberapa temen yang udah TKD di hari pertama (FYI, aku dapet jatah TKD hari kedua yaitu tanggal 2 Desember 2014 sesi 2 di ruang 1). Mereka kebanyakan bilang, soalnya emang susah. Tapi pokoknya gak boleh panik waktu ngerjain. Harus tenang. Dan itulah dua hal yang paling susah aku lakuin. T.T

Aku sampe numpang ke kamar adek kelas yang kebetulan satu kos dan berharap nemuin tempat yang lebih tenang daripada tempat aku belajar di hari sebelumnya. Alhamdulillah, suasananya tenang dan seenggaknya aku bisa lebih konsentrasi belajar. Esok adalah hari penentuan, dan aku harus berusaha semaksimal mungkin. :') 

Aku gak bisa tidur. Padahal salah satu temenku bilang kalo sebelum TKD harus banyak istirahat. Tapi itu kayaknya gak berlaku buatku. Ya karena saking takutnya itu, sampe gak bisa tidur. Haha. Tapi akhirnya bisa merem juga meskipun cuma sekitar satu jam. Setelah bangun, langsung sholat tahajud berharap dikasih kemudahan sama Allah. Pokoknya pasrah aja deh sama hasilnya kalo inget banyak temen yang belum lulus. Huhu.

Habis itu sampe pagi gak tidur. Aku baca materi. Meskipun setengah gak mudeng, tapi yang penting aku udah pernah baca. Kali aja ntar pas ngerjain bisa tiba-tiba de javu. -,-

Aku dapet sesi jam 09.40-11.20. Jam delapan pagi udah siap-siap. Mandi, ngecek berkas, dan... beli sarapan. *meskipun sebenernya aku jarang banget sarapan. Dan emang beneran. Akhirnya gak aku makan deh. Perut rasanya gak enak banget. Tangan juga rasanya dingin. Aku emang alay banget deh sebelum berangkat. Wkwk. :p

Gak lama, akhirnya sampe kampus. Langsung baris dan siap-siap buat menuju ruangan. Sembari emnunggu, banyak dari kami yang masih komt-kamit ngapalin UUD 1945, beberapa lagi review materi Sejarah dan tetek bengeknya. Sementara aku, hapalan UUD-ku seketika buyar. Ditanyain sama temen-temen cuma diem, berasa dudul banget. Mungkin karena saking gugupnya. -,- #kebiasaan

Sampe akhirnya masuk ruangan jam sepuluh lebih dikit (iya, jamnya ngaret). Masuk ruang tes dan ternyata bisa memilih komputer sesuai yang diinginkan. Denger-denger soal di tiap komputer tuh beda, dan diacaknya per nomer bukan per paket. Jadi ya gitu, kalo beruntung ya bisa dapet soal yang gampang semua, kalo enggak ya... Gak ada trik sih buat milih yang mana. Aku masuk dan nempatin komputer yang kosong. Waktu itu di belakang sendiri tapi di tengah, bukan di pojok.

Mulai ngerjain. Hmm, susah sih. Tapi untungnya aku gak panik (sebenernya lebih ke pasrah sama hasilnya ntar dan berusaha gak panik). Dan berhasil. :v

Waktu tinggal 28 menit ketika aku sampe soal TKP. Sementara itu, yang TWK ama TIU kurang banyaaakk banget. Sempet agak deg-degan, tangan juga mulai tremor. Takut gak selesai. #alaylagi

Ngerjain TKP waktu itu rasanya kayak gak mikir. Soalnya emang susah, tapi kok ya jawabnya mantep gitu. Haha. Mungkin karena gak ada nila 0 di TKP, jadi gak takut buat milih jawaban. :D

TKP selesai, dan waktu tinggal 15 menit. Sementara soal yang belum aku jawab ada 10. Itung-itungan pula. Panik? Jangan tanya. Inilah menit-menit aku panik. :D

Bolak-balik klik soal yang belum aku kerjain dan gak nemu wangsit. Payah banget deh. Akhirnya kembali ke perjanjian awal sama diriku sendiri *ciiee (pokoknya untuk kali ini gak boleh panik). Tarik napas... huft!

Berusaha ngerjain sebisanya dan alhamdulillah soal TIU yang tadinya aku gak kepikiran sama sekali jawabannya tiba-tiba bisa nemu jawabannya kalo dikerjain sambil tenang. Akhirnya sepuluh soal itu selesai sebelum 15 menit berakhir. Aku masih punya waktu dua menit buat ngoreksi. Tapi ya tetep aja gak aku pake. Pokoknya dua menit terakhir itu cuma aku pake buat berdoa.

Akhirnya waktu selesai, dan muncul halaman kuisioner. Iya, jadi setelah TKD selesai, kita ngisi kuisioner. Intinya sih seberapa tingkat kesulitan soal menurut kita, dan suruh ngasih saran juga. Waktu itu aku gak ngasih saran. Gak kepikiran sama sekali. Jadi isian sarannya itu aku tulis 'tidak ada' :D *berasa ngisi DRH buat sarat TKD kemarin, wkwk.

Setelah selesai, ngisi kuisioner, aku klik 'simpan'. Dan kaget banget! Ya Allah, ternyata 'simpan' itu berarti kita langsung bisa liat nilai tes! Pokoknya langsung histeris waktu itu pas liat hasilnya. Alhamdulillah... :') Gak tau itu angka dari mana. Gak mungkin kalo itu angka hasil usahaku. Beruntung benget pokoknya.

Selesai, langsung kami histeris di ruangan. Beberapa langsung pelukan gitu. Termasuk aku. :') Terharu banget pokoknya.

Keluar ruangan masih gemeteran gak percaya, saling ngucapin selamat ke temen-temen dan langsung kasih kabar ke bapak-ibuk kalo anakmu ini lulus. :')

Tapi beberapa saat kemudian kami tau kalo beberapa teman belum lulus. Sedih, banget. Kami cuma bisa ngasih semangat dan motivasi buat mereka. Mereka pasti bisa di kesempatan kedua nanti. Aamiin... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar